18 Game Bagus yang (Mungkin) Anda Lewatkan

Berikut ini adalah kumpulan game bagus dari bermacam palatform yang mungkin luput dari perhatian karena bukan rilis dari publisher besar.

Seiring waktu, industri game semakin banyak diterima oleh masyarakat. Game dengan kelas AAA (seperti GTA V, Metal Gear Solid, dll), bahkan memiliki budget yang bisa mengalahkan budget untuk membuat film di Hollywood. Namun, tidak semua game yang ada di pasaran memiliki budget yang berlimpah ruah. Umumnya mereka mengabaikan promosi dan marketing demi menghemat budget. Sehingga cukup banyak game bagus yang mungkin terlewatkan karena minimnya eksposure. Berikut ini adalah 18 game yang bagus tapi mungkin terlewatkan oleh Anda akibat kurangnya eksposure.

1. This War of Mine

Game ini mengambil setting di peperangan, namun yang membedakan dengan game lainnya adalah Anda bermain bukan sebagai tentara melainkan sebagai warga sipil. Di sini Anda harus bertahan hidup dengan mencari makanan, perlengkapan, perobatan, dan sekaligus mempertahankan tempat tinggal Anda dari serangan penjarah.


Di game ini Anda awalnya akan mengendalikan tiga karakter yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Seiring permainan, jumlah karakter yang bisa Anda kendalikan bisa bertambah namun bisa juga berkurang. Tergantung dari kondisi dan keputusan yang Anda ambil sepanjang permainan.

Cerita pada game ini cukup membuat depresi, karena terinspirasi dari kisah nyata di tengah perang. Namun demikian, game ini memiliki nilai replayability yang tinggi karena apa yang terjadi setiap harinya adalah random. Sehingga tiap kali Anda bermain akan menemui hal baru. Game ini juga mengusik nilai moralitas Anda, karena Anda akan dihadapakan pilihan-pilihan yang berat. Seperti misalnya akankah Anda mengambil persediaan makanan dari pasangan orang yag sudah renta? Bukan hanya Anda yang akan mersakan beratnya moralitas tersebut, karater Anda di dalam game juga mengalami hal yang sama. Bahkan jika tinkat depresi mereka semakin tinggi, mereka bisa bunuh diri ataupun pergi meninggalkan teman-temannya. Jadi, Anda harus memsatikan moralitas mereka tetap terjaga.



Singkat kata, game ini memadukan cerita perang yang tragis dengan unsur game ala board game yang menarik dan acak.


2. Papers, Please

Pernah bermimpi menjadi petugas penjaga perbatasan? Tidak pernah? Tak terbayangkan sebelumnya jika game tentang penjaga perbatasan bisa menjadi sebuah game yang seru dan menarik. Papers, Please memberikan game simulasi penjaga perbatasan di negara Arstotzka yang fiktif. Di sini Anda harus menentukan siapa saja yang boleh memasuki negara tersebut. Namun, hati-hati karena ada banyak penyusup yang ingin menghancurkan perbatasan tersebut. Walaupun banyak juga orang yang terjepit situasi perang dengan kisah pilu yang dapat membuat Anda iba.


Semua berada di keputusan Anda. Game dengan grafis ala 80'an ini juga akan menghukum Anda jika pekerjaan ini tidak dilakukan dengan benar. Karena Anda sangat tergantung dari penghasilan sebagai petugas perbatasan agar Anda dapat memberikan makanan (dan tempat tinggal) untuk keluarga Anda.



Mekanisme dari game ini sangat simpel, namun seiring waktu akan membutuhkan kecepatan dan ketepatan pengambilan keputusan serta ketelitian saat memeriksa dokumen. Glory to Arstotzka!


3.The Banner Saga

Jika Anda menyukai game strategi turn based dan menyukai jalan cerita RPG yang bercabang maka Anda akan menyukai game ini. The Banner Saga memiliki game mekanik turn based dengan tampilan isometris, serta unsur RPG di mana Anda bisa leveling dan upgrade karakter Anda.


The Banner Saga juga memiliki gaya visual ala kartun. Cerita pada game ini juga akan membuat nilai replayability-nya tinggi. Karena seiring jalannya cerita, Anda akan diberikan pilihan-pilihan yang akan memberikan jalan cerita yang berbeda-beda tergantung dari pilihan Anda. Sekuel dari game ini juga sedang dibuat, dan kemungkinan akhir tahun ini rilis.



Mekanisme game pada The Banner Saga mengingatkan kita pada game strategi turn based ala Final Fantasy Tactics. Arena game terdiri dari kotak-kotak yang menentukan jarak dan jangkauan serang yang bisa kita lakukan. Setiap karakter juga bisa diupgrade layaknya game RPG. Jika Anda suka game strategi, maka segera mainkan ini.

4.Her Story

Di era tahun 90an, seiring dengan makin berkembangnya CD-ROM, Full Motion Video (FMV) pun memenuhi pasar game saat itu. Namun, umurnya tidak lama karena umumnya kualitas dari standar film Hollywood. 


Akhirnya jenis FMV ini ditinggalkan. Sekitar 20 puluh tahun kemudian, muncul satu game yang sangat mengandalkan FMV sebagai inti permainannya. Ternyata penggunaan FMV pada game Her Story ini sangatlah cocok.


Alkisah ada seorang wanita yang suaminya dibunuh. Anda menjadi seseorang yang sedang mengakses database video seputar kasus tersebut. Anda cukup memasukkan kata kunci pada bagian ‘search’ dan kemudian akan muncul video yang terkait dengan kata kunci tersebut. Anda harus menyimak setiap video yang muncul untuk mencari kata kunci yang akan menampilkan keseluruhan cerit. Gamenya demikian simple, namun dapat dibilang memberikan definisi baru pada FMV.


5. Lifeline

Jika Anda mencari game dengan kualitas gambar yang luar biasa dan efek suara yang dahsyat, sebaiknya jangan memainkan game ini. Karena game ini hanya berupa teks tulisan saja. Kekuatan utama dari game ini memang berada pada jalan ceritanya. Alkisah ada seorang astronot bernama 



Taylor yang mendadak menghubungi Anda. Taylor berada pada kondisi kritis di mana dirinya terdampar di planet tak berpenghuni. Anda adalah satu-satunya orang yang bisa dihubunginya. Anda harus menemani Taylor di masa-masa kritis ini dan sesekali menuntunnya agar dirinya bisa diselamatkan.


Kepribadian Taylor yang naif dan kikuk benar-benar dapat mencuri hati Anda. Anda akan peduli terhadap apa yang dilaluinya. Anda akan merasa seolah-olah Taylor itu adalah seseorang yang nyata yang memang berada di luar angkasa sana. Uniknya lagi, game ini memanfaatkan fungsi notifikasi pada smartphone Anda. Sehingga ada masanya di mana Taylor tidak bisa berkomunikasi dengan Anda, dan Anda harus menunggu selama beberapa waktu sampai akhirnya Taylor akan mengontak Anda lewat notifikasi message. Hal ini membuat ilusi seolah-olah memang Taylor itu adalah orang yang nyata dan sedang berjuang di luar angkasa sana.

Seperti game dengan kekuatan cerita, game ini akan memberikan jalan cerita dan ending yang berbeda-beda tergantung dari pilihan kata yang Anda pilih. Lifeline juga merupakan salah satu game yang bisa dimainkan lewat Apple Watch.

6. The Stanley Parable


Game ini agak sulit untuk dideskripsikan. Karena memang game ini ajaib dan unik. Alkisah Anda adalah seorang karyawan bernama Stanley. Game ini di mulai dari kantor Anda dan tidak ada seorang pun di kantor Anda. Apakah yang akan Anda lakukan? Anda hanya di temani oleh seorang narator yang membuat game ini begitu unik. Sang narator akan terus mengomentari segala macam tindakan yang Anda lakukan. Hasilnya juga akan mengarah ke jalan cerita yang berbeda-beda pula. Game ini memiliki banyak ending. Tantangan pada game ini adalah untuk membuka semua jenis ending tersebut.



7. How to Survive


Pada game zombie ini Anda bisa memilih satu dari 4 karakter yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Yang membuat game ini unik adalah adanya unsur RPG. Anda bisa merakit senjata berbeda, tergantung bahan baku yang Anda temukan. Tampilan grafis dari game ini mengambil sudut isometris, ala Diablo.


Memainkan game ini enaknya bersama teman Anda bisa bermain pada komputer yang sama atau pun melalui Internet. Selain story mode, Anda juga dapat memainkan Challenge melalui online. Saat ini, juga ada How to Survive yang berisi 3rd Person. Secara gameplay sama persis, dan harga yang lebih mudah.

8. Life is Strange

Kesuksesan Walking Dead yang menggunakan sistem episodic pada cerita gamenya menginspirasi game lain untuk menggunakan sistem tersebut. Terutama untuk meenuturkan cerita yang menjadi andalannya. Begitu juga dengan game Life is Strange ini. Game yang terdiri dari 5 episode ini bercerita tentang seorang siswi SMA yang tiba-tiba memiliki kekuatan untuk memutar balik waktu.



Animasi pada game ini juga tergolong bagus dan akan membuat Anda seolah-olah sedang menonton film animasi iteraktif.  Karena cerita adalah kekuatan utama dari game ini maka yang perlu Anda ketahui adalah jalan cerita pada game ini sangat tergantung pada aksi yang Anda lakukan. Mirip seperti pada game Walking Dead namun konsekuensi pada game ini lebih terasa nyata dan realistis di bandingkan Walking Dead. Terutama karena settingan ceritanya yang simpel dan sangat mendekati kegiatan anak sekolahan pada umumnya. Musik pada game ini juga tergolong bagus dan sekelas soundtrack film Hollywood.



Saat artikel ini ditulis, game ini baru sampai pada episode 4. Dan episode terakhir rencanya akan rilis pada akhir September.

9. Project Zomboid

Game ini mungkin masih dalam tahap Early Access di Steam walau sudah dan tahun 2013 lalu. Namun game ini demikian bagus sehingga akan amat d1sayangkan jika Anda harus melewatkan game ini. Project Zomboid bukanlah game dengan ending di mana Anda selamat dari serbuan zombie, melainkan game yang memberikan gambaran bagaimana Anda akan mati jika kiamat zombie itu benar-benar ada.




Mengapa demikian? Karena segala macam aspek dari game ini dibuat berdasarkan dari keterbatasan yang ada pada dunia nyata. Lapar, haus, lelah, takut, panik, stress, dan sebagainya. Game ini ibaratnya adalah sebuah simulasi dunla nyata dengan tampilan gambar ala 80an dengan sudut pandang isometris. 



Anda bebas melakukan apa saja pada dunia ini. Anda bisa memilih untuk membuat benteng pertahanan di dalam ruangan atau menjadi pengelana bersenjata yang pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Apapun yang Anda lakukan, Anda akan mati. Dan yang dinilai adalah berapa lama Anda bisa bertahan. Game ini juga bisa dimainkan bersama teman-teman Anda melalui internet. Jadi, mari berlatihlah untuk menghadapi kiamat zombie yang akan datang!

10. Rocket League

Psyonix memadukan keseruan dalam mengemudikan mobil dengan permainan sepak bola. Rocket League adalah game bola namun dengan mengendarai mobil. Bukan sekedar mobil biasa, namun mobil dengan roket!




Tujuannya simple, cukup memasukkan bola ke gawang musuh. Dalam permainan 4 lawan 4, arena yang ada dalam game ini juga sangat variatif dan menggunakan efek fisik yang realistis.




Game ini juga sangat kompetitif. Anda bisa bermain dengan 3 teman Anda dalam 1 komputer dengan layar splitscreen atau lewat online sampai 8 orang dalam satu server. Anda juga bisa bermain melawan pemain yang menggunakan Playstation 4 juga dalam satu server. Jadi, siapkan segera mobil roket Anda!

11. 80 Days



Ceritanya seputar petualangan seorang aristokrat bernama Phileas Fogg beserta pelayannya yang bernama Passerpartout dalam mengelilingi dunia demi memenangkan taruhan. 80 Days menceritakan Anda sebagai Passerpartout sang pelayan.



80 Days memiliki game mekanik yang sangat kental unsur petulangannya. Jalan cerita maupun jalan perjalanan yang akan Anda lalui sangat tergantung dari keputusan Anda dalam game ini. Seringkali dalam game, akan muncul beberapa pilihan aksi yang akan Anda jalani. Hal ini akan mengarah ke berbagai macam kemungkinan cerita dan kondisi. Sehingga, game ini memiliki nilai replayabilitas yang sangat tinggi. Anda bisa sharing perjalanan Anda lewat sosial media. Bahkan di dalam game, Anda juga bisa melihat progres pemain lain.

12. Two Dots




Two Dots merupakan game puzzle yang memiliki game mekanik yang simple. Yaitu, Anda harus menarik garis di antara titik (bulatan) yang berwarna sama untuk menghilangkan titik tersebut dari papan permainan. Jika Anda bisa menarik garis berbentuk kotak segi empat, maka semua titik dengan warna yang sama akan ikut hilang. Setiap level akan memiliki ‘syarat’ yang berbeda-beda. Seperti game puzzle pada umumnya, game ini memiliki mekanisme yang mudah, tapi bukan berarti game ini mudah diselesaikan. Makin tinggi level Anda, maka syaratnya juga akan makin sulit. Seperti hambatan baru, titik yang bisa terbakar, kaca yang harus dipecahkan, dan masih banyak lagi.

13. Never Alone (Kisima Ingitchuna)

Game ini berdasarkan dari dongeng Alaska yang bercerita tentang seorang anak bernama Nuna dengan rubah peilharaannya yang ingin menyelidiki asal usul badai salju yang menimpa kampung halamannya. Mekanik game ini juga cukup sederhana. Jika Anda bermain sendirian, Anda bisa menjalankan Nuna dan sang rubah secara bergantian. Masing-masing memiliki kemampuan dan keterbatasan yang berbeda-beda. Misalnya Nuna yang lebih kuat bisa mengangkat batu ataupun kotak.


Sedangkan si rubah karena lebih lincah, bisa meloncat lebih tinggi dan memasuki lubang yang kecil, dan seterusnya. Untuk itu, agar Anda bisa melewati rintangan untuk menuju ke level berikutnya Anda harus mengombinasikan kelebihan dari masing-masing karakter.


Never Alone adalah game platform, di mana Anda menggerakkan karakter-karakter dalam satu sudut pandang dan harus meloncati rintangan-rintangan. Efek badai salju juga akan memberikan efek tambahan, seperti angin yang kencang juga dapat membuat Nuna bisa loncat lebih jauh karena terdorong angin, dan sebagainya. Anda juga dapat bermain dengan seorang teman Anda dalam satu komputer. Masing-masing dapat menjalankan satu karater, misalnya Anda menjalankan Nuna, sadangkan teman Anda menjalankan si rubah.

14. Spintires

Di pasaran, jarang sekali ada game yang menyimulasikan pengalaman berkendara secara offroad. Umumnya karena sulitnya membuat program fisik yang realistis tergantung dari kondisi jalan. Di sinilah keunggulan Spintires. Game ini bisa menyimulasikan kondisi jalanan offroad yang becek dan susah diduga dengan realistis dan nyata.


Game buatan Rusia ini memberikan Anda kesempatan untuk menjajal truk-truk Rusia di jalanan offroad. Game ini sukses dalam memberikan kesan berkendara di jalanan becek. Anda seolah-olah memang terlihat sepertl mengendarai kendaraan berat yang besar di atas jalanan yang licin dan becek. Kondisi jalanan offroadnya pun sangat realistis, di mana permukaan jalannya juga turut berubah seiring dengan dilewati oleh ban besar yang berbobot berat.



Anda bisa memainkan game ini bersama-sama teman Anda di dalam satu server, dan berkendara di janan offroad bersama-sama. Layaknya offroad di dunia nyata, mobil Anda akan kerap kali terjebak di dalam lumpur yang akan membutuhkan bantuan dari teman yang lain.  Mereka bisa menderek mobil yang terjebak keluar dari lumpur. Hal tersebut membuat game ini seperyi layaknya weekend gateway bersama konvoi mobil offroad. Game ini juga turut mendukung mod dari komunitas, sehingga game ini juga bisa dikembangkan ke hal lain tergantung dari imajinasi Anda. Sayangnya, developer dari game ini, Oovee sedang dirudung masalah sehinggaprogress update pada game ini terganggu. Namun demikian, jika Anda penggemar offroad, game ini tidak boleh Anda lewatkan.

15. Endless Legend

Endless Legend adalah game yang memiliki jenis game 4X, atau singkatan dari kata eXplore, eXpand, eXploit, dan eXterminate. Yaitu game di mana Anda harus menjelajah peta, membangun kerajaan, memanfaatkan sumber daya alam, dan menghancurkan lawan. Sekilas, game ini terlihat seperti game Civilization. Namun, sebenarnya game ini jauh lebih dalam daripada Civilization terutama dalam hal unit dan peperangannya.


Pada game ini Anda dapat mengembangkan unit Anda sesuai dengan keinginan Anda. Layaknya seperti game RPG, setiap unit milik Anda bisa upgrade statusnya sesuai dengan gaya permainan yang Anda inginkan. Setiap unit ini kemudian akan dikelompokkan menjadi pasukan. Di saat pasukan Anda bertempur dengan pasukan lain, Anda akan memasuki tampilan Battle dan Anda bisa mengatur unit-unit Anda secara manual. Hal ini membuat peperangan menjadi lebih menarik ketimbang perang di Civilization yang otomatis tergantung dari besar stats.


Masing-masing faksi pada game ini juga memiliki quest dan tujuan yang berbeda-beda. Setiap quest akan memberikan keuntungan yang cukup besar jika diselesaikan. Sehingga, Anda juga harus pintar-pintar dalam memadukan ekspansi sekaligus menyelesaikan quest. Game ini juga memiliki kualitas visual yang cukup indah. Dunia dalam Endless Legend bisa digambarkan dengan cukup detail. Begitu juga dengan kualitas suara dan musik pada game ini juga turut memberikan nuansa semangat peperangan.

16. Dungeon of The Endless

Game ini memiliki gameplay yang merupakan gabungan dari jenis game menjelajah dungeon yang merupakan tipe game klasik dengan game tower defense yang sedang naik daun. Dungeon of The Endless mengambil setting cerita sci fi saat pesawat yang Anda tumpangi jatuh di planet. Anda bisa memilih 4 heroes dalam tim Anda, dan Anda harus mencari jalan keluar dari planet tersebut.


Level pada game ini terdiri dari banyak ruangan dengan beberapa pintu. Level pada game ini akan dibuat acak, sehingga Anda tidak akan pernah memainkan level yang sama pada setiap permainan. Tujuan Anda adalah untuk mencari lift untuk ke level berikutnya sembari mengatur energi yang di perlukan untuk mengatur pertahanan dan untuk membuka pintu lift tersebut. Namun semakin banyak ruangan yang Anda jelajahi maka akan semakin banyak pula musuh yang akan menyerang Anda. Para musuh ini akan berusaha untuk menghancurkan kristal yang menjadi sumber daya energi Anda pada game ini. Sehingga Anda selain menjelajah juga harus membuat pertahanan dari rombongan musuh yang akan menyerang ala game tower defense.


Seiring jalannya permainan, Anda akan menemukan banyak karakter baru maupun item-item baru. Game ini juga bisa dimainkan dengan teman lewat online. Masing-masing akan memilih satu karakter dan harus bekerja sama agar bisa lolos ke level berikutnya. Dungeon of The Endless memiliki kualitas gambar ala 8bit, sehingga memberikan keunikan tersendiri pada visualnya.

17. The Binding of Isaac: Rebirth

Anda adalah Isaac, seorang anak yang dihukum oleh ibunya dan dikurung di ruang babawah tanah. Di dalam ruang bawah tanah itu, ternyata ada banyak rahasia tersembunyi. Dari monster sampai ke kekuatan ajaib yang aneh. The Binding of Isaac: Rebirth adalah game remake dari game dengan judul yang sama. Namun, jangan bingung dengan jalan cerita tadi. Karena keanehan dan keajaiban dari game inilah yang membuat game ini sangat disarankan untuk Anda mainkan.


Game ini memiliki sistem level yang acak. Dengan mekanisme action RPG ala Legend of Zelda namun dengan kekuatan dan item yang aneh bin ajaib. Seperti misalnya ada salah satu item pada game ini adalah sebuah pakaian dalam milik si ibu. Kekuatan dari item ini adalah kemampuannya untuk membuat semua musuh pingsan karena bengong. Bisa dibilang banyak item dan kekuatan dalam game ini adalah humor satir.


Karena sistem acak tersebut jugalah yang membuat game ini memiliki replayability yang sangat tinggi. Selalu ada hal baru setiap kali Anda memainkan game ini. Anda juga bisa bersenang-senang bersama teman Anda untuk coop dalam satu komputer. Visual pada game ini juga sangat unik dan khas. Jika Anda mencari game absurd namun menyenangkan, game ini cocok untuk Anda mainkan.

18. Space Team

Jika Anda menonton film seperti Star Trek, ataupun film scifi tentang astronot di dalam kapal antariksa, biasanya ada adegan di mana dibutuhkan kerja sama tim di dalam anjungan kapal tersebut untuk menerbangkan kapal. Biasanya dikomandoi oleh seorang kapten, yang dibantu oleh beberapa petugas di anjungan. SpaceTeam mencoba memberikan pengalaman yang sama dalam memainkan game ini. Hasilnya, adalah game yang lucu dan seru untuk dimainkan ramai-ramai.


Tujuan dari game ini adalah untuk menerbangkan kapal antariksa menjauhi dari bencana supernova yang mengancam. Untuk itu Anda harus bekerjasama dengan teman-teman Anda untuk masing-masing memegang satu panel yang berbeda-beda. Yang dimaksud bekerjasama di sini adalah: Berteriak ke teman-teman Anda untuk melakukan tugas yang muncul di layar Anda. Misalnya Anda disuruh untuk mengatur Flux Warp ke angka 1, bisa jadi panel Flux Warp itu berada di layar teman Anda, sehingga Anda harus menginformasikan hal tersebut ke teman Anda yang memiliki panel tersebut. Ada lagi saat di mana ada asteroid, maka semua pemain harus menggoyangkan smartphone masing-masing untuk lolos. Jika koordinasi tim Anda baik dan benar, maka pesawat Anda akan masuk ke hyperspace dan maju ke level berikutnya. Namun, jika koordinasi tim Anda berantakan, maka panel di layar bisa rusak dan akhirnya pesawat Anda akan hancur.


Game ini sangat unik dan lucu untuk dimainkan bersama-sama, dan yang pasti: game ini akan menghasilkan suara yang sangat berisik. Anda bisa menggunakan smartphone apapun baik dari iOS maupun Android dalam satu tim. Asalkan Anda dan teman-teman terhubung dalam satu jaringan WiFi ataupun Bluetooth. Nah, sekarang cepat ubah Hyperspace Module ke angka 8!

Sumber: CHIP Magazine

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Game Tahu Bulat : Game Lokal yang Geser Peringkat Clash of Clans

Review Rise of The Tomb Raider

Fitur Baru di Android Marshmallow